Bangkit Dari Keterpurukan

Bangkit dari keterpurukan? Apa hubungannya dengan psikologi trading?

Oke, mungkin pada beberapa trader ada yang pernah mengalami kerugian berat atau loss sangat besar hingga merasa truma atau merasa terpuruk sehingga kehilangan percaya diri, takut mengulangi kesalahan dan emosi sehingga melupakan kemampuan kita dalam menganalisa untuk mencapai tujuan.

Bagaimana, sudah mulai nyambung bukan dengan psikologi trading? :)

Jika anda merasa buruk dan kecewa atas performa account trading anda, tampaknya manajemen resiko anda belum cukup sukses. Untuk menanggulangi hal ini, anda harus membuat rencana. Duduk dan pikirkan hal-hal yang telah anda lakukan sehingga membuat performa account trading anda seperti itu. Setelah anda menemukan titik kesalahannya, buat kembali rencana trading anda dengan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya dan buat catatan bahwa anda tidak akan mengulangi kesalahan kembali di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa metode agar kembali memperoleh kepercayaan diri setelah mengalami keterpurukan.

Membuat Jurnal Trading

Salah satu cara untuk dapat belajar dari kesalahan dan mempertahankan semangat trading adalah dengan secara konstan membuat jurnal trading. Gunakan jurnal tersebut untuk menulis open posisi yang anda lakukan, dan alasan mengapa anda open posisi tersebut. Setelah posisi anda di close, tuliskan juga hasil trading anda dan tuliskan juga jika ada kesalahan yang anda buat. Jika anda berada pada kondisi dimana anda mengalami loss yang terlalu besar dan mulai kehilangan kepercayaan diri, review kembali jurnal anda, dan pelajari pola kesalahan yang telah anda lakukan, perbaiki.

Memaafkan Diri Sendiri

Tidak ada yang sempurna, setiap orang pernah melakukan kesalahan. Yang paling penting adalah, anda belajar dari kesalahan tersebut. Tidak ada trader yang sempurna di luar sana. Bahkan seorang trader profesional pun pernah mengalami loss yang cukup besar.

Istirahatkan Diri Anda

Ketika mengalami loss yang cukup besar, akan penting bagi anda untuk mengambil istirahat sementara waktu. Hindari untuk tergesa-gesa kembali trading agar memperoleh profit untuk membayar kerugian sebelumnya. Akan sangat baik jika anda kembali setelah beristirahat cukup, tenang, dan kembali berpikiran jernih. Mengalahkan emosi adalah hal yang cukup sulit. Jika anda pintar dan menyadari bahwa trading anda bersifat emosional, anda dapat menghindari kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya dan menghindari kerugian yang malah bertambah banyak.

Trading adalah sebuah perjalanan

Belajar berbagai hal mengenai trading adalah perjalanan. Rasa down dan tidak percaya diri bisa menghancurkan trading jika anda tidak dapat mengatasinya dengan baik. Selalu tekankan bahwa selalu ada hari lain untuk trading. Kesempatan selalu ada dalam market trading. Jika market bergerak tidak baik, segera putuskan untuk tidak trading dan kembali untuk esok hari. Kesempatan selalu ada. Aturlah keputusan trading anda sebaik mungkin.

Share

8 Responses to 'Bangkit Dari Keterpurukan'

  1. maya says:

    thanks for tips..^_^

  2. dilsordoory says:

    sangat menarik, terima kasih

  3. Husaini Ali says:

    Saya mengalami kerugian yg sangat besar pada trading emas, beberapa hari yg lalu. modal saya tinggal 10 % dari modal sebelum. Saya bermain di Monex modal 100 jt, sekarang terpaksa ikut bermain di MySmartfx, karena modal terlalu kecil. Saya malu sama keluarga dan anak, karena mereka telah melarangnya karena saya seorang pensiunan.
    Mohon sedikit pencerahan.
    Terima kasih

  4. Ega says:

    Pak Husaini, untuk bangkit setelah mengalami loss yang begitu besar memang tidak mudah. Tetapi jika bapak ingin sukses di dunia ini, kuncinya adalah disiplin. Pertama, anda harus memiliki trading plan. Sesuaikan risk to reward ratio yang sanggup anda tanggung, dan bagaimana gaya trading yang cocok untuk bapak. Jika itu sudah bapak temukan, maka disiplinlah. Kami sudah sediakan beberapa artikel mengenai psikologi trading pada blog ini. Semoga bermanfaat dan dapat membuat bapak segera bangkit. Karena sukses adalah hak setiap orang yang ingin meraihnya. Sukses selalu pak Husaini.

  5. Ramli says:

    Sekedar berbagi pengalaman buat pak Husaini, selalu pasang stop LOSS karena itu sangat membantu bapak dalam hal trading
    Saran saya bagusan pasang stop loss 10-20 persen loss…itu akan sangat membantu bapak, trus ikutin market mau kemana ibaratnya jgn melawan market, kalo saya lebih suka play pada saat market tidak ada berita penting, usahakan play one day trade.

  6. Ramli says:

    tambahan : kalo kita loss 10-20 % maka itu angka yg kecil buat tuk cari kembali, tapi kalo uda loss 90% maka itu berat sekali tuk balik kembali…mesti gain 900% gitu.
    trus jgn lupa buat target keuntungan, Trader itu jgn TAMAK, sehari bisa gain 10-20% uda cukup lah.bsk barusan mengulang kembali

  7. Ramli says:

    Tambahan lagi : huakakaka.. ambil possisi buy or sell saat jam pagi n siang aja, kalo bisa hindari ambil posisi di malam ( karena waktu market di US market naek turun lebih gede so kebanyakan stop loss yg kita pasang bakalan kena trus)

  8. ES says:

    sama….!!!! Tapi masih mendingan. Saya pernah rugi dua All new CRV….. uughhffff.. Rumusnya tejun dan Sabar. Tekun deposit…sabar witdraw…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam