Bangun Rasa Percaya Diri Agar tak Rugi

Salah satu elemen penting dalam bertrading adalah psikologi trading. Yakni sebuah pembangunan karakter atau keyakinan dari dalam diri anda sendiri bahwa anda bisa meraih kesuksesan. Salah satu cara untuk bisa mencapai kepercayaan diri dalam bertrading adalah dengan mengeliminasi seluruh informasi negatif yang berpotensi menyabotase keputusan transaksi anda sendiri. Diperlukan komitmen yang sangat besar dan juga disiplin tinggi untuk dapat mengorganisir tindakan dalam bertrading sehingga anda bisa selalu reaktif dalam menghadapi dinamika pasar.

Berikut ini adalah beberapa aspek kedisiplinan yang perlu digali dalam upaya membangun karakter diri anda dan juga aspek yang sangat mendasar untuk menentukan kesuksesan dalam bertransaksi di pasar finansial baik itu forex, index, dan lain-lain.

1. Belajar

Belajar adalah hal yang paling penting dalam menentukan keberhasilan anda dalam bertrading. Pasar finansial merupakan pasar yang memuliki banyak aspek dan terus menerus berkembang, dan kebanyakaan trader pemuka enggan meluangkan waktu untuk mempelajari faktor-faktor penting pengerak pasar. Seorang trader ataupun investor pasar finansial paling tidak harus memiliki pengetahuan dan kemauan untuk menganalisa baik itu teknikal maupun fundamental.

2. Hindari Overtrading

Overtrading merupakan kegiatan dalam bertransaksi yang super sibuk dengan melakukan banyak transaksi dengan stop-loss dan target yang terlalu tipis sehingga cenderung hanya menguntungkan broker saja karena pada dasarnya broker akan tetap mendapatkan komisi setiap kali anda bertransaksi terlepas dari keuntungan ataupun kerugian yang akan anda terima.

3. Hindari Overleveraged

Leverage bisa kita ibaratkan sebagai sebuah pedang bermata dua dimana pada saat leverage naik secara otomatis broker akan mendapatkan income yang lebih besar yang didapat dari spread yang makin besar. Hal itu secara otomatis dapat menyulitkan trader untuk mendapatkan profit. Jangankan profit, untuk mendapatkan BEP saja sulit.

4. Percaya Diri dan Tidak Bergantung Pada orang Lain

Trader sejati adalah seseorang yang berhasil usaha dan kemampuannya sendiri dan tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Memang dalam proses pembelajaran kita perlu bertanya ataupun dipandu oleh seorang trader yang lebih berpengalaman, namun akan lebih bijak jika setiap keputusan dalam melakuan transaksi berada ditangan kita sendiri.

5. Perhatikan pasangan mata uang bukan satu mata uang

Hal ini penting agar kita dapat memprediksi arah secara akurat, sebaiknya tidak hanya memandang dari satu mata uang saja karena hal tersebut sama dengan hanya memperkirakan pergerakan setengah transaksi. Agar lebih efektif, lakukan juga prediksi terhadap arah mata uang pasangannya (pair). Karena keberhasilan transaksi tersebut sepenuhnya tergantung pada mata uang yang kedua.

6. Ikuti Trend

Terdapat perbedaan yang sangat besar antara; ‘membeli di harga rendah’ dan ‘membeli di harga murah’.  Jika kita membeli diharga rendah pada saat trend sedang turun (melawan trend) maka dengan seketika harga rendah tersebut dapat menjadi harga tertinggi. Seorang trader yang baik memperlakukan trend sebagai kawan dengan cara mengikuti arah trend tanpa sedikitpun memberi perlwanan pada trend yang sedang berjalan kecuali ada indikasi akan terjadinya perubahan trend.

7. Tutup Posisi Yang Sedang Dalam Keadaan Buruk

Jika anda sedang memiliki posisi terbuka dan ternyata hasilnya tidak bagus, maka yang harus anda lakukan adalah menutup  posisi tersebut  dengan kadar yang sesuai. Jangan dibiarkan berlarut-larut hingga kerugian anda bertambah besar. Sebaliknya jika anda memiliki posisi terbuka dengan kondisi profit, anda jangan terburu-buru untuk segera menutup posisi anda  hanya karena bosan menunggu dan ingin segera lepas dari stress.

Kebanyakan trader seringkali terbalik dalam menjalankan tahap yang satu ini dan menghantarkan mereka mendapatkan kegagalan dalam bertrading. Banyak trader yang sanggup menahan floating lossnya hingga ratusan point tetapi hanya sanggup menahan floating profit beberapa point saja.

8. Jangan libatkan Feeling atau emosi dalam bertrading

Feeling adalah cara yang sangat emosional dan (relatif) buruk untuk diterapkan dalam proses trading. Apabila seorang trader berada dalam kondisi seperti itu, maka ia mudah kesal dan emosi. Tindakan selanjutnya cenderung mengabaikan intelektualitas diri.

9. Konsistensi

Segala jenis investasi memerlukan business plan, termasuk berbisnis di pasar finansial yang memiliki berbagai macam produk didalamnya. Anda tidak hanya perlu meluangkan waktu untuk mempelajari bergamai macam system trading dan juga market yang akan anda ikuti, hal yang penting lainnya ialah penentukan rule yang  spesifik untuk diterapkan dan diikuti. Dengan memiliki plan dan rule maka trading dapat terarah. Buatlah persiapan dengan rule yang  spesifik, terapkan dan tentukan target  dan stop loss realistis yang dapat dicapai, dan yang tidak kalah pentingnya adalah “ Lakukan secara konsisten”.

10. Hindari Overconfident

Apabila anda belum mendapatkan momentum yang benar-benar bagus dan mantap, ada  baiknya anda lebih konservatif. Hindari rasa overconfident, meskipun  anda telah berjaya difasar finansial dalam waktu lama. Hindari pula potensi keserakahan dan mudah terpancing. Tetaplah rendah hati dan konservatif.

Aspek –aspek yang tertera diatas bukanlah sebuah tips anti rugi dalam berinvestasi di pasar finansial melainkan tips untuk meminimalisir kesalahan dalam bertransaksi. Karena pada dasarnya yang membedakan trader professional dan pemula ialah tingkat kesalahan masing-masing. Apabila aspek –aspek diatas dijalankan secara displin dan kosisten anda dapat mengakumulasikan keuntungan jangkan panjang layaknya seorang trader professional.

Share

5 Responses to 'Bangun Rasa Percaya Diri Agar tak Rugi'

  1. Yumir says:

    Gracias, por favor visite nuestro sitio web oficial

  2. Miato says:

    Ya he visto algunos hay …

    Miato

  3. bet365 says:

    Good day I was fortunate to seek your theme in wordpress
    your topic is excellent
    I obtain a lot in your theme really thank your very much
    btw the theme of you blog is really fabulous
    where can find it

  4. MySmartFx says:

    We are using this theme: Twenty Ten 1.1
    but yes, with a little adjustment..
    Hey, i’ve seen your betting website.. nice to know you!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam