Faktor Yang Dapat Menimbulkan Kerugian dalam Investasi Trading

Banyak orang merasa nyaman dan mereguk keuntungan dalam berinvestasi melalui trading. Namun tidak sedikit yang mengalami kerugian (loss) akibat salah mengambil keputusan dalam transaksi.

Menurut seorang trader yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia trading, ada beberapa alasan utama penyebab terjadinya loss dalam trading, yakni keputusan transaksi yang dikendalikan oleh emosi semata.

Secara lebih detil masih ada faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan kerugian. Pertama, Penempatan modal yang salah atau tidak sesuai dengan produk. Kedua, kurangnya disiplin dan ketiadaan trading plan. Dan ketiga, trader tidak mempelajari pasar secara mendalam.

Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan loss adalah kurang tepatnya trader dalam melakukan analisa ataupun interpretasi yang kurang tepat. Di samping itu, trader terlalu mengejar pasar atau dengan kata lain memaksakan ambil posisi walaupun kriterianya belum terpenuhi.

Faktor terakhir adalah trader tidak mau mengalami kerugian dalam trading (menahan posisi tanpa stop loss. Sehingga untuk mengeliminasi potensi kerugian tersebut, maka dibutuhkan komitmen kuat dalam diri trader sehingga dapat memiliki pengendalian emosi yang baik selama trading.

So, tradinglah dengan penuh pertimbangan, dan jangan pernah lupakan yang namanya manajemen resiko.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam