Konsep Supply & Demand

Secara sederhana, mata uang bergerak dikarenakan proses permintaaan dan penawaran terhadap satu mata uang. Contohnya ketika jumlah mata uang dollar yang beredar di pasar fisik lebih rendah daripada permintaan terhadap mata uang tersebut, maka nilai dollar akan semakin tinggi. Demikian juga sebaliknya jika dollar banyak beredar di pasar fisik maka nilai mata uang tersebut akan semakin rendah.

Pada bahasan ini kita akan membahas sedikit tentang pergerakan mata uang berdasarkan dari sudut pandang supply and demand (penawaran dan permintaan).

Supply & DemandKonsep penawaran dan permintaan adalah salah satu konsep yang paling mendasar dari ekonomi dan bagi pergerakan mata uang.

Permintaan (demand) mengacu pada berapa banyak suatu mata uang diinginkan oleh pembeli. Kuantitas yang diminta adalah jumlah mata uang yang akan dibeli/ditransaksikan oleh pelaku pasar/pembeli pada harga tertentu. Hukum permintaan menyatakan bahwa, jika semua faktor lainnya tetap sama, semakin tinggi nilai suatu mata uang maka akan semakin rendah juga jumlah yang diminta oleh pelaku pasar.

Penawaran (supply) mengacu pada berapa banyak suatu mata uang akan di jual oleh penjual. Kuantitas yang ditawarkan adalah jumlah mata uang yang akan dijual/ditransaksikan oleh pelaku pasar/penjual pada harga tertentu. Hukum penawaran menunjukkan jumlah mata uang yang akan dijual pada harga tertentu. Ini berarti bahwa semakin tinggi harga maka akan semakin banyak juga jumlah mata uang yang ditawarkan.

Implementasinya, grafik pergerakan mata uang dapat memberikan gambaran kondisi supply and demand mata uang.

Satu konsep turunan dari supply and demand yaitu : Keseimbangan  atau Equilibrium

Ketika penawaran dan permintaan adalah sama (jika kita lihat pada grafik supply and demand maka fungsi penawaran dan fungsi permintaan berpotongan) maka dapat dikatakan pergerakan harga mata uang dapat dikatakan pada titik keseimbangan. Pada titik ini, alokasi barang yang paling efisien karena jumlah barang yang dipasok adalah persis sama dengan jumlah barang yang diminta. Dengan demikian, setiap pelaku pasar (individu, perusahaan, atau negara) merasa puas dengan kondisi pergerakan mata uang pada saat tersebut. Pada harga tertentu, penjual melakukan transkasi dengan menjual semua mata uang yang ada dan pembeli mendapatkan semua mata uang yang diinginkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam