Lindung Nilai

Ada dua tipe pasar berdasar waktu realisasi. Yaitu, pasar spot dan pasar futures dimana kedua pasar tersebut saat ini saling berkorelasi untuk melakukan investasi dan lindung nilai

lindung nilai

Dalam satu kasus, seorang konsumen membutuhkan minyak sawit (CPO) pada saat ini, mereka melakukan transaksi beli pada pasar spot. Berbeda dengan konsumen yang membutuhkan CPO lima bulan dari sekarang. Konsumen tidak bisa melakukan transaksi di pasar spot. Di lain pihak   konsumen juga menginginkan kepastian harga beli CPO empat bulan lagi. Bila dalam empat bulan lagi harga CPO menguat dengan tajam, sudah tentu konsumen mengalami kerugian. Oleh karena itu konsumen hendak memastikan harga beli CPO empat bulan dari sekarang.

Dalam istilah keuangan, konsumen sedang melakukan transaksi lindung nilai. Definisi Lindung nilai dari Wikipedia atau dalam  dunia keuangan dapat diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari investasi tersebut.

Lindung nilai bisa dilakukan dengan membeli barang di pasar futures. Selain konsumen, produsen juga dapat melakukan lindung nilai untuk memastikan harga jual di beberapa bulan ke depan melalui kontrak futures.

Idealnya, dalam pasar futures ada pertemuan antara konsumen yang membutuhkan CPO dengan produsen yang sedang menjual CPO lima bulan lagi. Tetapi faktanya, konsumen tidak bertemu dengan produsen, melainkan dengan para spekulan. Spekulan bukan produsen atau konsumen. Mereka adalah orang yang berharap mendapat keuntungan dengan bertransaksi di pasar futures.

Ada tiga strategi yang berpotensi dilakukan jika investor bertransaksi di pasar futures.
Pertama,Investor sedang melakukan proses lindung nilai artinya, investor sebagai konsumen takut terjadi kenaikan harga beli barang di masa depan atau sebaliknya investor sebagai produsen takut terjadi penurunan harga jual barang di masa depan. Jadi, yang melakukan lindung nilai adalah konsumen dan produsen.
Strategi kedua sebagai spekulan. Spekulan dengan definisi siap menerima transfer risiko. Baik dari produsen yang tidak menginginkan terjadi penurunan harga jual di masa depan maupun konsumen yang tidak menginginkan terjadi kenaikan harga beli di masa depan.
Strategi ketiga yakni, spekulan bertemu dengan spekulan sehingga yang terjadi murni berinvestasi, bukan upaya lindung nilai.

Spekulan di pasar futures memperoleh keuntungan dari selisih harga pada saat buka kontrak futures dengan harga pasar pada saat tutup kontrak futures. Sebagai contoh, spekulan melakukan bertransaksi dengan konsumen yang ingin membeli barang lima bulan ke depan, dengan harga buka kontrak Rp 100.000. Sedangkan pada tutup kontrak, ternyata harga pasar berada di kisaran Rp 90.000. Oleh karena itu, spekulan mendapat keuntungan Rp 10.000.

Aktifitas lindung nilai lebih banyak dilakukan oleh para eksportir dan importir dengan maksud untuk melindungi bisnis mereka di pasar fisik. Tetapi yang mesti diketahui masih ada beberapa eksportir dan importir dari Negara kita masih belum melakukan aktifitas lindung nilai karena tidak mengerti. Oleh karena itu pentingnya informasi kepada mereka tentang cara dan prosedur melakukan lindung nilai kepada mereka sehingga dapat dipahami oleh mereka.
Tetapi yang perlu disadari semua aktifitas lindung nilai tidak sepenuhnya harus dilakukan akan tetapi jika memang sudah mempunyai perhitungan yang efisien menurut kacamata perusahaan maka aktifitas ini tidak perlu dilakukan, seperti yang dilakukan PT Garuda Indonesia, Tbk pada bulan Mei 2011 Direktur Utamanya menegaskan bahwa perusahaanya tidak melakukan aktifitas lindung nilai terhadap avtur sebagai bahan bakar pesawat dikarenakan banyak hal dengan berbagai pertimbangan yang sudah tentu telah dipikirkan.

Jika anda tertarik terjun ke bisnis pasar spot dan pasar futures, kami sediakan layanan terbaik untuk anda. Silahkan Klik Disini..

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam