Risk & Reward Ratio

Risk ( resiko/loss ) dan Reward ( hadiah/profit ). Risk reward ratio adalah perhitungan rasio seberapa besar kita menetapkan resiko dalam trading, melawan seberapa banyak kita akan membidik target keuntungan kita. Secara sederhana, jika kita melakukan trading dan hanya menginginkan stop loss sebesar 5 pips dan membidik profit di 20 pips, maka risk to reward ratio akan menjadi 5 : 20 atau 1 : 4. Artinya, kita meresikokan 5 pips untuk peluang memperoleh profit sebesar 20 pips.

Bagaimana Menggunakan Risk Reward Ratio dalam Forex Trading

Teori dasar untuk risk reward ratio yang baik, adalah perbandingan ketika reward lebih besar jika di bandingkan dengan risk. Tetapi perbandingan risk dengan reward juga perlu perhitungan yang matang. Terlalu besar menetukan reward dengan risk yang terlalu kecil, justru akan membuat semakin besar potensi trading kita menjadi gagal. Sederhananya begini, semakin besar reward yang kita bidik, akan semakin besar pula resiko yang kita pertaruhkan. Berlaku pula kebalikannya. Pikirkan cara seperti ini, jika kita menggunakan perbandingan rasio risk dan reward seperti contoh sebelumnya, yaitu 1 : 4, kita bisa break even dengan sekali profit dari 4 kali loss. Jika anda konsisten dengan perbandingan seperi ini, kita akan tetap memperoleh profit meskipun kita mengalami loss dari setengah trading yang kita lakukan. Klik di sini untuk lebih lengkap.

Tipe Perbandingan Risk to Reward Seperti Apa Yang Harus Kita Pilih?

Keputusan menentukan rasio risk dan reward yang akan di pilih oleh para trader akan sangat berpengaruh terhadap trader bersangkutan, dan tergantung pula pada kondisi pasar. Meskipun memang sangat ideal menentukan reward setinggi mungkin dengan risk seminimal mungkin, tetapi pada kenyataan yang kita hadapi, hal tersebut akan sulit dilakukan.

Secara umum, sangat aneh jika kita menentukan risk yang lebih besar dibandingkan dengan reward, tetapi jika market dalam kondisi volatitas tinggi, hal seperti ini bisa masuk akal. Menentukan stop loss tidak hanya untuk menjaga equity, tetapi juga untuk menghentikan trading kita jika dirasa sudah tidak menguntungkan.

Jika anda telah dapat mengkalkulasikan dengan kondisi pasar dan gaya trading anda, segalanya akan tergantung pada anda pribadi untuk menentukan risk to reward ratio yang paling cocok. Kita sebaiknya menghindari trading dengan perbandingan risk lebih besar di bandingkan reward, terutama bagi yang baru mengenal dunia trading. Tetapi tidak selalu seperti begitu juga, karena setiap trader berbeda-beda.Yang terpenting adalah, cermatlah dalan memutuskan risk to reward ratio yang “masuk akal”, dan sesuai dengan gaya trading anda, dan sesuaikan juga dengan kondisi market.

Semoga membantu.. :)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam