Swing Trading

Swing trading pada umumnya adalah gaya trading jangka menengah dengan jangka waktu satu hari sampai dengan satu minggu untuk satu kali open posisi. Swing trader pada prakteknya mirip dengan gaya intraday trader lengkap dengan indikator yang digunakan. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua style tersebut terletak pada kerangka waktu (time frame) dan grafik yang digunakan oleh swing trader pada umumnya jauh lebih panjang (grafik 4 jam – harian).

Ada beberapa type Swing trading, diantaranya adalah :

  • Trend Trading – Pada umumnya swing trader yang bertipe trend trading adalah trader jangka menengah yang dapat memiliki open posisi dari mulai satu hari hingga satu minggu atau bahkan lebih jika tren ini terus berlanjut. Target keuntungan dari tipe trading seperti ini pada umumnya adalah puluhan hingga ratusan pips. Swing trader tipe ini melakukan transaksi menggunakan grafik menggunakan atau tanpa indikator dan open posisi searah dengan trend yang terbentuk. Tips untuk trader dengan tipe diatas adalah selalu menempatkan stop loss diatas area trendline atau batasan dimana trend dapat dikatakan pecah.
  • Counter Trend Trading – merupakan tipe trader jangka menengah yang sering kali meng-counter (melawan trend) dengan harapan bahwa tren saat ini akan segera berakhir atau berganti.  Opening posisi counter trend dapat berlangsung pada satu hari hingga satu minggu atau lebih lama jika tren baru berkembang  dengan target keuntungan dari beberapa puluh hingga ratusan pips. Sebagai catatan tipe trader counter trade haruslah seseorang yang memiliki disiplin tinggi dan telah cukup berpengalaman guna menghindari folating berlebih akibat dari ketidaksiapan mental untuk menerima kesalahan apabila harga melanjutkan trend yang sedang berlangsung. Tips untuk tipe trader diatas adalah menempatkan cut loss pada level support terendah atau resistance tertinggi dari sebuah trend yang terbentuk guna membatasi resiko kerugian.
  • Trading Range – Tipe trading range pada umumnya adalah jangka pendek hingga jangka menengah dan biasanya berlangsung hanya beberapa hari dengan target keuntungan beberapa puluh pips. Rentang perdagangan ini dilakukan dengan menggunakan grafik dengan atau tanpa indikator tertentu. Tipe trading ini memungkinkan untuk membuka posisi melawan atau pun searah dengan trend utama karena fokus range trading adalah trend jangka pendek.

Swing trading adalah gaya populer yang digunakan oleh para trader professional baik individu maupun trader komersial. Banyak yang beranggapan bahwa swing trading memiliki risiko yang cukup besar karena memiliki open posisi berhari-hari namun ketika posisi swing trader searah dengan trend yang terbentuk, swing trading memiliki risiko yang relatif kecil dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Jika anda tertarik untuk memulai trading, dapat mengunjungi website kami di MySmartfx. Semoga bermanfaat. :)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Protected by WP Anti Spam